Kulit sehat bebas jerawat

Menangkal Jerawat dengan Sayur dan Buah

Gangguan jerawat tidak lain hanya menyebabkan berbagai efek negatif, tidak ada positifnya sama sekali. Namun jika Anda tak melakukan pencegahan, maka jerawat pasti akan sering menyerang, bahkan sudah sembuh, tumbuh lagi jerawat yang baru. Adapun variasi faktor yang menjadi dasar mengapa jerawat menyerang antara lain adalah defisiensi vitamin, gejolak hormon, umumnya di hari-hari di mana wanita belum dan sesudah menstruasi, pemakaian obat-obatan (Tidak semua obat melainkan obat tertentu saja, dan memakai kosmetik dengan kualitas buruk), dehidrasi, dan penggunaan air kotor (Memakai air kotor bisa menyebabkan pori-pori kulit tersumbat, kemudian memunculkan bakteri di permukaan kulit). Faktor makanan juga dapat menyebabkan seseorang terserang jerawat. Namun sama dengan obat, tidak semua obat bisa menjadi penyebab jerawat, ada obat yang dapat membantu Anda menjaga kecantikan kulit dan mencegah si jerawat membandel datang. Mari baca selengkapnya.


Buah anggur


Yang pertama yakni buah anggur, anggur memang mempunyai kandungan glukosa dan vitamin. Buah ini juga mampu memicu aktivitas dari sel kulit, serta sifatnya yang bagus dalam hal proses peremajaan kulit dan proses detoksifikasi.

Buah semangka

Selain buah anggur, buah kedua adalah buah semangka. Buah berukuran cukup besar ini memiliki kandungan air yang cukup tinggi, karena itu semangka merupakan buah yang bersifat bagus bagi kulit seseorang yang kekurangan cairan. Biasanya kulit dapat mengalami dehidrasi karena suhu lingkungan yang panas. Selain itu dengan mengkonsumsi buah semangka, maka rasa penat pun akan menghilang. Adapun yang berfungsi untuk menghilangkan rasa penat tersebut yakni fruktosa dan glukosa dari buah tersebut.

Sayur mentimun

Selain buah-buahan, sayur-sayuran juga ada yang mempunyai kandungan air tinggi, bagus untuk kesehatan kulit dan dapat mencegah jerawat. Salah satu jenis sayur tersebut yakni mentimun. Sayur ini termasuk sayur dengan tingkat keasaman sama dengan kulit. Sayur mentimun memiliki fungsi untuk membantu proses perbaikan dari lapisan proteksi kulit serta merupakan sayur yang memproduksi asam alami. Anda dapat menggunakan sayur mentimun dengan cara memarut kasar, maupun menumbuk halus mentimun tersebut. Selanjutnya Anda gunakanlah bubur mentimun itu ke wajah, leher, dan seputar mata, untuk jangka waktu 15 hingga 20 menit. Apabila Anda menggunakan sayur ini dengan teratur, maka jerawat pun akan bisa dicegah, begitu pula gangguan kulit yang lainnya, seperti keriput, komedo, serta kulit yang kering.

Tomat


Ini entahlah termasuk buah atau sayur, sepertinya tomat termasuk ke dalam kategori sayur. Tomat mempunyai kandungan banyak pektin, serat sayuran. Tomat mempunyai fungsi untuk melancarkan sirkulasi darah, selain itu tomat pun bagus bagi kesehatan dan tekstur kulit. Anda dapat mengoleskan bubur yang dibuat dari tomat tersebut ke wajah, kemudian biarkan untuk waktu kurang lebih 1 jam. Setelah 1 jam terlewati, Anda bisa membasuh wajah menggunakan air hangat, basuhlah hingga bersih, dan ulangi terus setiap harinya. Setelah beberapa waktu, maka kulit pun akan menjadi lebih halus dan ketat.

Sayur jagung

Yang terakhir yakni memanfaatkan sayur jagung. Jagung tidak hanya bisa digunakan sebagai bahan dasar lauk pauk saja dan makanan ayam. Namun sayur yang satu ini pun mempunyai fungsi mencegah kulit kering, juga mencegah penuaan dini, itu semua karena kandungan lesitin serta vitamin E dari jagung. Sayur jagung harganya pun murah dan dapat ditemukan di pasar manapun.

Menangkal Jerawat dengan Sayur dan Buah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: risna novita