Kulit sehat bebas jerawat

Cara menghilangkan jerawat pada Kulit Kepala

Jerawat di kulit kepala memang sangat menjengkelkan, pasti membuat rasa tak nyaman, ingin rasanya segera menghilangkan gangguan tersebut. Tampilan wajah pun dapat tak maksimal, rasa tak nyaman serta sakit bisa terjadi ketika jerawat itu disentuh. Namun jika jerawat tersebut muncul di kulit kepala, akan menyebabkan ketombe, rasa gatal, dan tentunya rasa tak nyaman pada balik rambut. Yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana Anda bisa menghilangkan gangguan jerawat tersebut. Mari baca selengkapnya.


Pakar medis mengatakan apabila gangguan jerawat di kulit itu bisa terjadi karena beberapa faktor, antara lain:

  1. Stress
  2. Kebersihan rambut kurang dijaga, dengan kata lain rambut yang kotor

Saat Anda mengalami stress maka otak pun memproduksi hormon yang tak normal. Hormon inilah yang menjadi faktor pemicu jerawat di kulit kepala. Juga, apabila kepala atau rambut Anda sering terkena paparan polusi, khususnya yang tinggal di kota besar, maupun cenderung lembab disebabkan sering memakai topi ataupun helm, jerawat juga berpotensi terjadi di kulit kepala Anda.

Cara mengatasi


Dalam usaha menghilangkan jerawat mengganggu di kulit kepala, Anda boleh mencoba memakai beberapa macam bahan alami yang tidak sulit untuk didapatkan. Contohnya Anda boleh menggunakan tetesan lidah buaya dalam menghilangkan bentol berwarna kemerahan karena jerawat, juga rasa gatal di kulit kepala, tanpa perlu menunggu berlama-lama. Jus buah tomat pun dapat Anda manfaatkan dalam menghilangkan gangguan jerawat yang terjadi di kulit kepala. Anda cukup mengoleskan jus tomat ke kulit kepala yang terserang jerawat, kemudian Anda diamkan untuk beberapa waktu, setelahnya bilas menggunakan air bersih.

Cuka

Selain itu, ada bahan lainnya yang juga mudah didapatkan yang memiliki kegunaan dalam menghilangkan jerawat yakni cuka. Kandungan cuka, asam malat, bisa mengatasi kadar minyak berlebih di kulit kepala, di mana kadar minyak berlebih itulah yang menjadi pemicu jerawat. Selain itu cuka pun secara efektif akan menyeimbangkan kadar keasaman atau pH di kulit kepala, juga mengusir kotoran dan bakteri yang bisa menyumbat pori-pori di kulit kepala.

Bahan lainnya yang boleh Anda pakai juga dalam melawan jerawat pada daerah kulit kepala yakni tanaman herbal, contohnya adalah halba, hulbah, fenugreek. Untuk fenugreek sendiri mempunyai kemampuan anti-inflamasi, untuk menghilangkan tak hanya jerawat, melainkan juga menghilangkan komedo, bahkan mengobati penyakit demam, batuk, dan penyakit perut.

Asam salisilat untuk mengatasi jerawat kulit kepala

Bahan jerawat topikal berupa asam salisilat pun dapat Anda gunakan, ini termasuk ke dalam bahan yang kerap digunakan sejak lama. Bahan ini dapat Anda temukan di banyak produk sabun wajah juga medicated wipes atau tisue khusus yang digunakan dalam mengatasi keluhan atau gangguan sembelit. Asam salisilat ini dapat membantu mencegah pori-pori kulit supaya tak tersumbat serta bisa membuka pori-pori kulit yang telah tersumbat sebelumnya, selain itu juga mampu mengecilkan jerawat pada kulit kepala maupun bagian tubuh lainnya. Untuk Anda ketahui bahwa asam salisilat ini umumnya ditemukan berkekuatan 0,5 – 5% di rata-rata produk topikal pada pasaran, namun yang dijual secara bebas. Untuk efek samping dari penggunaan asam salisilat apakah ada? Jawabannya ada. Efek sampingnya yakni iritasi kulit, juga sensasi menyengat ringan dapat terjadi pada penggunanya. Bahan lainnya adalah asam alpha hydroxy, yang terdiri atas asam laktat dan asam glikolat. Sekian artikel tentang cara menghilangkan jerawat pada kulit kepala, semoga berkenan.

Cara menghilangkan jerawat pada Kulit Kepala Rating: 4.5 Diposkan Oleh: risna novita