Kulit sehat bebas jerawat

Apakah Susu dapat Menyebabkan Jerawat?

Minuman susu merupakan minuman yang menyehatkan, namun ada rumor bahwa minum susu dapat menyebabkan jerawat. Susu mempunyai variasi kandungan zat gizi bermanfaat untuk tubuh. Terkait tentang susu dan jerawat, ada penelitian yang pernah dilakukan pada 47 ribu responden wanita. Berdasarkan hasil pengamatan pada responden, kemudian diketahui apabila wanita yang mengkonsumsi susu dengan jumlah di atas 3 gelas dalam 1 hari ketika mereka remaja, maka 22% nya mengalami gangguan jerawat berat, apabila dibandingkan dengan wanita yang minum susu hanya 1 gelas per 1 minggu. Mari baca selengkapnya.


Konsumsi susu dan jerawat


Untuk wanita yang setiap hari minum susu dengan jumlah 2 hingga 3 gelas, maka 44% nya mengalami gangguan jerawat ketika usia remaja. Berdasarkan pendapat ahli, disebutkan jika produk susu dapat menjadikan kondisi kulit dengan potensi jerawat semakin parah. Namun untuk diketahui jika susu itu bukan satu-satunya faktor penyebab kulit seseorang terserang gangguan kulit jerawat ini. Di mana penyebab jerawat yang lain masih banyak, contohnya lingkungan dan faktor genetik. Ada beberapa kandungan zat di susu yang memang dapat memperburuk kondisi jerawat yang diderita. Tetapi, faktor penentu yakni hormon tubuh Anda sendiri.

Susu full cream


Berikutnya terkait susu full cream dan jerawat. Disebutkan oleh ahli dermatologis jika sesungguhnya susu full cream itu bagus untuk kesehatan, disebabkan kandungan kalsiumnya yang cukup tinggi. Tetapi sama saja, susu full cream apabila dikonsumsi berlebihan juga berefek buruk pada jerawat. Tenggang waktu konsumsi susu full cream harus Anda lakukan, karena selain kandungan kalsium, jenis susu ini juga memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Antara susu full cream dengan jerawat, sebelumnya juga pernah dilakukan penelitian, dan disebutkan jika kandungan lemak dalam susu full cream ternyata bisa memacu timbulnya minyak juga jerawat di kulit wajah.

Jika memang Anda hendak mengkonsumsi susu full cream, lebih baik dipertimbangkan lagi. Lebih direkomendasikan bagi Anda para wanita yang takut terserang jerawat untuk check terlebih dahulu kandungan lemak di kemasan susu tersebut. Lebih baik memilih yang jenis susu low fat. Jika minum susu full cream dengan kandungan lemak tinggi sesungguhnya sama saja dengan Anda mengkonsumsi makanan penyebab jerawat lainnya.

Protein whey

Ada teori yang menyebutkan juga jika susu merupakan minuman yang bisa menjadi penyebab jerawat karena kandungan protein whey di dalamnya. Selain produk susu, juga produk minuman lain dengan kandungan protein whey tersebut. Kandungan hormon pertumbuhan IGF-1 dan insulin juga ditengarai bisa memicu jerawat untuk tumbuh dengan subur. Peningkatan dari IGF-1 atau insulin di dalam tubuh bisa memberikan signal ke faktor yang menjadi penyebab munculnya gangguan jerawat di kulit.

Para ahli kulit pun sebelumnya telah menduga apabila susu dapat mempercepat sintetis androgen di dalam tubuh seseorang, yaitu hormon pria dalam tubuh wanita ataupun pria itu sendiri. Di mana hormon androgen ini dapat mengakibatkan sebum atau minyak yang lebih banyak dihasilkan oleh kelenjar minyak seseorang. Gangguan jerawat terjadi saat sebum tersebut, yang umumnya keluar menuju permukaan kulit mengalami penyumbatan. Jadi jika memang Anda tidak ingin mengambil resiko jerawat kambuh, atau sedang dalam proses penyembuhan jerawat, hindari minum susu terlebih dahulu. Jika memang mau, batasi jumlahnya, jangan berlebihan. Sekian artikel tentang apakah susu dapat menyebabkan jerawat? Semoga bermanfaat.

Apakah Susu dapat Menyebabkan Jerawat? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: risna novita