Kulit sehat bebas jerawat

Jerawat di Telinga, Penyebab dan Cara Menghilangkan

Jerawat di telinga, khususnya daun telinga memang terkadang bisa terjadi, walaupun tak umum. Jerawat ini sama saja dengan jerawat di wajah, munculnya tiba-tiba. Tetapi yang pasti dari kemunculan jerawat ini yakni adalah rasa tak nyaman dan rasa nyeri, selain itu seringkali menimbulkan sakit kepala pusing pada penderitanya. Belum lagi jika Anda adalah seseorang yang senang menggunakan earphone, pasti akan merasa benar-benar terganggu. Untuk yang sudah lansia, mungkin akan bermasalah jika menggunakan alat bantu dengar. Mari baca selengkapnya.


Faktor penyebab mengapa jerawat di telinga muncul


Anda perlu mengenali beberapa dari faktor penyebab munculnya jerawat itu. Terdapat beberapa hal yang memang bisa memicu munculnya jerawat di daun telinga, apabila Anda mengetahui faktor penyebabnya maka Anda pun akan dapat melakukan upaya pencegahan, itu sebelum jerawat bertambah banyak. Sekarang mari langsung dilihat apa saja faktor penyebabnya.

Luka di daun telinga

Faktor penyebab pertama adalah luka di daun telinga. Biasanya luka ini dapat diakibatkan karena goresan, tusukan, maupun hal lainnya, yang terpenting Anda harus memberikan pengobatan pada luka tersebut tanpa menunda-nunda lagi. apabila luka tusukan atau goresan dibiarkan terbuka, serta tak disembuhkan, maka bisa mengakibatkan luka menjadi gampang dihinggapi oleh bakteri, hingga akhirnya timbul jerawat.

Kesterilan alat pembersih telinga

Faktor penyebab kedua terkait jika Anda sering membersihkan telinga menggunakan alat pembersih telinga. Terkadang alat tersebut tak steril, khususnya jika alat yang Anda gunakan itu dibuat memakai logam, bukan yang sekali pakai buang. Kebersihan alat tersebut seharusnya benar-benar dijaga. Apabila tak steril, maka justru daun telinga Anda dapat bermasalah, yakni muncul jerawat, itu masuk akal karena bakteri akan menginfeksi daun telinga orang tersebut.

Produksi minyak berlebih

Yang berikutnya adalah produksi minyak berlebih, di mana kondisi ini dapat terjadi tidak hanya di kulit wajah saja, melainkan juga di kulit telinga. Kondisi ini bisa meningkatkan resiko lebih tinggi telinga mengalami gangguan jerawat.

Alergi makanan

Faktor penyebab keempat yakni alergi makanan. Jika Anda mengkonsumsi makanan yang membuat Anda alergi, maka tidak menutup kemungkinan Anda akan terserang jerawat, tidak hanya di telinga saja melainkan juga di bagian tubuh yang lain.

Rambut yang kotor

Faktor penyebab kelima, wajah berjerawat, telinga berjerawat, dapat disebabkan karena kondisi rambut yang jarang dikeramasi. Apalagi lokasi telinga itu benar-benar dekat dengan lokasi rambut, jika rambut kotor, maka infeksi bakteri ke telinga, yang berasal dari rambut sangat mungkin terjadi. Jadi Anda harus menjaga kebersihan rambut dengan seksama mulai dari sekarang.

Cara menyembuhkan jerawat di telinga


Olesi telinga menggunakan obat jerawat. Pakailah cream obat jerawat yang dijual di apotik. Cream tersebut sama saja dengan cream jerawat yang Anda gunakan untuk mengobati jerawat pada kulit wajah.

Yang kedua yang boleh dilakukan juga dengan mengolesi kapas menggunakan benzoil peroksida. Setelahnya olesi jerawat secara pelan-pelan memakai kapas tersebut. Mengapa benzoil peroksida? Itu karena bahan ini mempunyai sifat antimikroba dan juga anti-inflamasi. Dengan menggunakan bahan tersebut, jerawat pada telinga pun akan mengecil dengan sendirinya seiring waktu. Pembengkakan yang terjadi karena jerawat juga akan berangsur menghilang, yang terpenting Anda tetap mengoleskan benzoil peroksida dengan rutin, kuman-kuman yang menginfeksi pun akan terbasmi. Sekian artikel tentang jerawat di telinga, penyebab dan cara menghilangkan, semoga bermanfaat.

Jerawat di Telinga, Penyebab dan Cara Menghilangkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: risna novita