Kulit sehat bebas jerawat

Faktor penyebab Jerawat sering Tumbuh

Penyebab mengapa jerawat sering tumbuh dan tidak sembuh. Tidak aneh lagi jika terserang jerawat. Banyak orang yang juga mengalaminya. Tetapi yang menjadi pertanyaan sekarang adalah mengapa jerawat sering tumbuh, sementara pada teman Anda tidak. Apakah karena faktor tertentu?



Jerawat diakibatkan karena infeksi bakteri. Infeksi tersebut akan menyebabkan terjadinya peradangan di kulit, terutama di bagian wajah. Berikut beberapa:

Fakta tentang jerawat


Umur biasanya seseorang terserang jerawat itu adalah 14 hingga 20 tahun. Mengapa umur 30 tahun ke atas dan 10 tahun ke bawah tidak terserang jerawat. Ada alasan untuk itu, dikarenakan kala usia tersebut tubuh setiap orang tengah menuju proses hormon ke kedewasaan, berkaitan pula dengan system reproduksi. Dikarenakan hormon yang salah, serta jumlah berlebihan dalam tubuh maka jerawat pun tumbuh di kulit wajah. Supaya hormon dalam tubuh dapat stabil maka Anda harus mengkonsumsi sayur mayur dan buah-buahan, kurangi daging dan makanan berminyak yang lain, sebab makanan tersebut dapat mengakibatkan sel hormon di tubuh Anda meningkat. Resiko terserang jerawat pun jadi meningkat.

Sekarang Anda sudah mengetahui beberapa fakta tentang jerawat. Selanjutnya inilah penyebab jerawat sering tumbuh di kulit wajah dan mungkin bagian kulit tubuh yang lainnya.

Kebiasaan menempelkan kulit wajah ke bantal dan kasur yang jarang Anda bersihkan


Ketika tidur enak maka Anda tidak sadar akan menempelkan kulit wajah pada sarung bantal dan juga kasur. 100% sel kulit mati itu paling banyak menempel di kasur dan bantal, karena Anda gunakan untuk tidur setiap hari. Karena itu harus rajin-rajin membersihkan sarung bantal dan sarung kasur. Juga sebaiknya rutin-rutin memukul-mukul bantal memakai alat keras, agar sel kulit mati dan kotoran yang lain ikut terbang terbawa angin.

Memencet jerawat yang masih belum kering

Apabila jerawat yang belum kering Anda tekan maka akan mengakibatkan nanahnya keluar, dan bakteri dalam nanah tersebut dapat merambat ke bagian kulit lain di sekitarnya dengan cepat, yang masih belum terinfeksi pun jadi terinfeksi. Apalagi memencet jerawat ini sering menjadi kebiasaan yang dilakukan tanpa disadari.

Membersihkan muka terlalu kasar

Ketika membersihkan muka jangan melakukannya dengan terlalu kasar. Contohnya saat Anda lap wajah memakai handuk, lakukan dengan perlahan. Jika mengelap dengan terlalu keras maka lapisan bawah dari permukaan kulit wajah atau kulit tubuh yang lain akan luka dan terinfeksi. Kondisi ini merupakan tambang emas untuk jerawat dapat tumbuh secara cepat setelah Anda melakukan hal tersebut.

Pengobatan jerawat yang sering tumbuh

Jika Anda sering tumbuh jerawat di kulit wajah, maka Anda dapat mencoba cara pengobatan ini. Gunakan produk anti jerawat dengan kandungan asam vitamin A. Di mana kandungan ini dapat bekerja dengan cara menormalkan pergantian kulit dan menghindari proses penyumbatan yang merupakan penyebab komedo (Awal terjadinya serangan jerawat) Anda juga dapat konsumsi obat tablet maupun obat jerawat minum dengan tablet isotretinoin. Tetapi untuk penggunaannya itu wajib konsultasi terlebih dahulu ke dokter spesialis kulit. Dikarenakan obat-obatan itu ada dosis, ketentuan, dan juga larangan yang harus Anda ikuti, tidak boleh sembarangan, apalagi jika itu adalah obat antibiotik.

Cara ini cocok untuk Anda yang berkulit cenderung kering dan kulit wajah sering gatal karena gangguan jerawat. Demikianlah penjelasan faktor penyebab jerawat sering tumbuh, semoga sekarang Anda sudah tahu cara menghindarinya yang tepat. Semoga bermanfaat.

Faktor penyebab Jerawat sering Tumbuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: risna novita