Kulit sehat bebas jerawat

Informasi Tretinoin Topikal untuk Mengatasi Jerawat

Obat Tretinoin topikal merupakan obat yang dipakai untuk menyembuhkan jerawat. Gangguan jerawat dapat terjadi saat sebum atau minyak yang diproduksi kelenjar minyak pada bagian bawah kulit seseorang tak dapat keluar dari pori-pori, karena terhalang baik oleh sel-sel kulit mati atau karena kotoran. Fungsi sebum sesungguhnya untuk menjaga kulit supaya tetap lembab dan halus. Tetapi jika terhalang, maka sebum bisa mengendap kemudian mengeras. Dan endapan tersebutlah yang aka menyebabkan munculnya bintik-bintik jerawat plus komedo. Biasanya masalah kesehatan ini sering dialami oleh orang dengan batasan usia sampai dengan 25 tahun, atau usia remaja. Mari baca selengkapnya.


Tentang Tretinoin topikal


Untuk berhadapan dengan jerawat, obat ini bekerja menggunakan metode membuka pori-pori dari kulit yang sebelumnya tersumbat tersebut. Jenis obat dari Tretinoin topikal yakni retinoid topikal, golongan obat resep, digunakan oleh dewasa dan remaja, manfaat untuk mengobati jerawat, dan berbentuk krim.

Peringatan penggunaan Tretinoin topikal


Walaupun begitu terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan terkait penggunaan obat jerawat ini, dapat Anda baca di bawah ini:

  • Untuk Anda wanita yang tengah hamil maupun menyusui tak boleh memakai obat jerawat ini.
  • Saat terjadi reaksi alergi dan overdosis, harap segera temui dokter sesegera mungkin.
  • Semasa memakai obat yang satu ini, kulit dapat berubah menjadi lebih sensitif, khususnya pada cahaya matahari. Karena itu hindari terpapar sinar matahari sebisa Anda, gunakan tabir surya juga untuk proteksi.
  • Hindari terkena ke mata, mulut, dan lubang hidung. Sebab kulit di bagian tubuh tersebut benar-benar sensitif.
  • Anda harus berhati-hati juga apabila Anda ataupun keluarga sebelumnya pernah mempunyai riwayat terserang kanker kulit.
  • Harap hati-hati apabila Anda tengah terserang penyakit kulit yang lain, contohnya adalah eksim dan rosacea. Anda jangan mengoleskan obat Tretinoin topikal di area kulit yang sedang mengalami luka bakar maupun radang.

Itulah beberapa peringatan yang harus Anda ingat terkait penggunaan Tretinoin topikal. Sekarang mari membahas mengenai cara menggunakan yang tepat.

Cara menggunakan


Untuk memakai Tretinoin topikal ini Anda harus mengikuti resep atau anjuran dokter, juga jangan lupa untuk selalu membaca informasi di kemasan obat tersebut, sebelum Anda mulai memakainya. Walaupun ini merupakan obat topikal, tetapi Anda harus tetap berhati-hati, jangan menggunakannya sembarangan.

Anda sebaiknya mencuci wajah dulu sebelum menggunakan obat ini, dan keringkan area kulit yang mau Anda olesi. Pakailah sabun yang ringan bersama air hangat, dan hindari memakai air terlalu dingin, juga jangan terlalu panas, yang hangat-hangat saja. Untuk menghindari kondisi jerawat yang bertambah parah.

Apabila ternyata kulit wajah Anda mengelupas karena reaksi obat jerawat lainnya, yang sedang Anda pakai juga, maka tunggulah sampai dengan kulit wajah sudah pulih lagi, sebelum Anda melanjutkan memakai obat Tretinoin topikal ini. Pada beberapa pengguna obat Tretinoin topikal dapat merasakan jika kulit mereka lebih sensitif pada cahaya matahari, seperti disebutkan sebelumnya. Karena itu, Anda pakailah pelembab dengan bahan dasar air, tujuannya mengatasi kulit kering, hindari memakai pelembab yang menggunakan bahan dasar minyak, sebab bisa menyumbat pori-pori kulit Anda. Jangan sampai itu terjadi.

Hasil pemakaian Tretinoin topikal umumnya akan terlihat kurang lebih sesudah 1 bulan pemakaian. Jadi Anda harus bersabar, jangan terburu-buru, dan gunakan secara rutin sesuai anjuran. Untuk hasil maksimal bahkan bisa memakan waktu hingga 4 bulan lamanya.

Sekian informasi tentang Tretinoin Topikal untuk menyembuhkan gangguan jerawat, semoga bermanfaat.

Informasi Tretinoin Topikal untuk Mengatasi Jerawat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: risna novita