Kulit sehat bebas jerawat

Cara Menyembuhkan Jerawat Parah

Cara mengobati atau menyembuhkan jerawat parah. Jerawat memang merupakan mimpi buruk bagi semua orang. Selain itu, jika sudah parah akan terasa perih ke kulit wajah. Anda akan merasa tidak nyaman jika bentol-bentol merah ini tak segera hilang. Tetapi sesungguhnya mimpi buruk ini dapat diatasi menggunakan pengobatan yang tepat, bahkan jerawat parah sekalipun. Bagaimanakah caranya? Mari baca selengkapnya.


Bisa sembuh sendiri


Jerawat sesungguhnya dapat sembuh sendiri, apalagi jika hanya satu, membutuhkan waktu beberapa hari saja. Namun Anda mungkin tak tahan. Yang menjadi masalah adalah jika gangguan jerawat yang tumbuh itu bukan hanya satu melainkan dalam jumlah banyak. Butuh waktu sampai dengan bertahun-tahun untuk mengatasinya. Mungkin saja itu adalah gejala-gejala jerawat parah, contohnya jerawat kistik. Untuk yang belum pernah mendengar jerawat kistik sebelumnya, sesungguhnya jerawat ini termasuk ke dalam kategori atau type jerawat parah. Anda sudah pasti tahu jika jerawat itu dapat muncul saat pori-pori kulit Anda tersumbat sel kulit mati, bakteri, atau terkadang juga dapat tersumbat oleh minyak.

Jerawat parah kistik terjadi saat sumbatan itu masuk lebih jauh menuju bagian dalam kulit Anda. Sehingga menyebabkan munculnya benjolan lembut, yang terlihat seperti kulit melepuh, dengan ukuran besar dan berwarna merah, penuh nanah, serta terasa sakit juga. Jadi benar-benar menyiksa. Bahkan jerawat parah ini pun dapat bertahan pada kulit Anda hingga bertahun-tahun lamanya, baru sembuh. Tak hanya itu, jerawat kistik juga tumbuh pada sebagian besar kulit, juga meninggalkan bekas luka yang permanen. Jadi pengaruh pada kesehatan kulit dan kecantikan akan cukup besar.

Jika Anda mengalami jerawat separah ini, maka direkomendasikan bagi Anda untuk meminta pertolongan pada dokter kulit sesegera mungkin, jangan menunggu terlambat. Menyembuhkan jerawat parah seperti ini, jerawat kistik, tak cukup dengan memakai sabun pembersih wajah saja, jadi berbeda dibandingkan dengan Anda mencegah atau menyembuhkan jerawat biasanya.

Obat yang diresepkan untuk mengobati jerawat parah


Berikut beberapa macam obat yang biasa digunakan dalam menyembuhkan jerawat kistik.

1. Antibiotik


Bisa membantu dalam mengendalikan bakteri juga menyembuhkan gangguan peradangan. Tetapi terkadang gangguan jerawat ini tak merespon pada antibiotik dengan sempurna atau dengan baik, ataupun menolak antibiotik, sesudah beberapa tahun penggunaan. Karena itu untuk menggunakan antibiotik sebaiknya menggunakan resep dokter kulit.

2. Pil KB


Bisa digunakan untuk membantu dalam mengatur hormon untuk beberapa orang wanita.

3. Krim, gel, atau lotion


Yang memiliki kandungan retinoid. Di mana kandungan ini akan membantu dalam membersihkan sumbatan di pori-pori kulit. Selain itu juga dapat membantu antibiotik untuk bekerja lebih baik lagi.

4. Spironolactone


Yang ketiga ini, adalah jenis obat diuretik dengan fungsi membuang cairan dalam tubuh yang berlebihan. Juga dapat bekerja menjadi penghalang hormon.

5. Isotretinoin


Obat yang terakhir ini diperkirakan dapat mengatasi macam-macam penyebab gangguan jerawat, juga menghilangkan gangguan kulit tersebut hingga tuntas dan bersifat permanen. Untuk cara memakai Isotretinoin yakni dengan diminum sebanyak 1 hingga 2x per hari untuk jangka waktu 5 bulan, memang cukup lama, tetapi efeknya permanen.

Apabila jerawat parah suatu saat kambuh lagi, maka Anda cukup konsumsi obat Isotretinoin ini lagi. Tetapi ada yang harus Anda perhatikan. Yakni hasil berbeda dapat terjadi untuk orang yang berlainan, wanita hamil juga tak boleh mengkonsumsi obat ini.

Jangan lupa untuk rajin membersihkan make up sebelum tidur. Dan jaga pola makan. Sekian informasi mengenai cara menyembuhkan gangguan jerawat parah, semoga berkenan.

Cara Menyembuhkan Jerawat Parah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: risna novita