Kulit sehat bebas jerawat

Cuci Muka yang Benar pakai Air Dingin atau Air Hangat?

Mungkin Anda menganggap cuci muka baik menggunakan air dingin atau air hangat itu sama saja, tetapi Anda akan berpikiran lain setelah membaca artikel ini hingga selesai. Di mana jika Anda membasuh wajah memakai air hangat itu akan membuka pori-pori kulit, juga membantu mempercepat proses untuk membersihkan kulit. Yang lainnya jika Anda mencuci wajah memakai air hangat dapat membantu mengencangkan kulit beserta mencegah keriput muncul. Apakah itu mitos atau benar-benar fakta yang dapat dibuktikan dengan medis? Juga, yang menjadi pertanyaan sekarang seharusnya Anda mencuci mula memakai air dingin ataukah air hangat, manakah yang lebih di antara keduanya? Mari temukan jawabannya sekarang.


Pori-pori kulit dan mencuci muka


Anda tidak boleh mencuci muka memakai air terlalu dingin, sebaliknya – Memakai air terlalu panas pun dilarang. Karena jika Anda melakukan itu maka kulit wajah dapat mengalami kerusakan.

Disebutkan berdasar situs medis di luar negeri bahwa seseorang yang mencuci muka baik memakai air hangat maupun air dingin tak mempengaruhi pori-pori kulit, jadi pori-pori kulit tak membuka maupun menutup. Disebutkan bahwa teori tersebut tak sepenuhnya benar. Disebutkan oleh seorang dokter yang bernama Jeffrey Dover bahwa air hangat dapat membersihkan wajah dengan lebih mudah dibandingkan seseorang memakai air dingin, namun Anda harus berhati-hati jika suhu air yang digunakan tersebut terlalu panas, sebab kulit dapat mengalami iritasi, juga pembuluh darah dapat pecah karenanya. Jadi dengan kata lain bahwa Anda sebaiknya memilih air yang bersuhu sedang, supaya bisa mencegah hal yang tidak Anda inginkan terjadi pada kulit.

Air hangat lebih baik


Itulah yang disepakati oleh semua dermatolog, mengenai suhu air yang bagus untuk mencuci muka atau membasuh wajah. Walaupun membasuh wajah dengan memakai air hangat Anda akan merasakan nyaman, tetapi air es maupun air hangat-hangat kuku pun dapat memberikan manfaat positif juga. Dikarenakan air hangat dapat terlalu cepat dalam menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan oleh kulit. Itu tidak boleh terjadi, minyak alami di kulit haruslah tetap ada, jangan sampai hilang karena mencuci muka. Begitu pula karena mencuci muka terlalu sering.

Karenanya, Anda sebaiknya tak membasuh muka memakai air yang terlalu panas, atau steaming hot water. Supaya Anda bisa mendapatkan hasil yang paling bagus, maka Anda sebaiknya mencuci wajah 1x sehari pada malam hari, memakai air yang hangat-hangat kuku. Sesudah Anda membersihkan wajah, maka Anda pakailah air dingin untuk tepuk-tepuk kulit wajah, dan keringkan wajah memakai handuk bersih. Terakhir Anda gunakan krim malam atau pelembab, agar kulit wajah tak kering atau selalu terjaga kelembabannya. Anda harus ingat langkah-langkahnya.

Pendapat yang lain mengenai mencuci wajah memakai air dingin


Namun ada informasi yang lain yang menyebutkan jika mencuci wajah menggunakan air dingin juga bagus. Karena dapat membantu penampakan kulit supaya selalu terlihat muda dan segar. Mungkin ini juga dapat dibuktikan dengan orang yang tinggal di pedesaan, di mana mereka tidak menggunakan water heater, dan untuk mandi pun selalu menggunakan air sumber yang dingin dan bersih, alhasil wajah mereka terlihat lebih awet muda dibandingkan orang yang tinggal di kota besar, yang rata-rata sudah mandi memakai air hangat. Akan lebih baik untuk membuktikan mana yang benar, Anda mencoba kedua cara tersebut pada waktu yang berbeda-beda. Sekian informasi mengenai cuci muka yang benar itu seharusnya pakai air dingin atau air hangat? Semoga bermanfaat.

Cuci Muka yang Benar pakai Air Dingin atau Air Hangat? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: risna novita