Kulit sehat bebas jerawat

Sabun Bayi tidak untuk Menyembuhkan Jerawat

Sabun bayi ternyata tidak untuk menyembuhkan jerawat. Banyak orang yang bertanya jika terserang jerawat pada wajah mereka, apakah dengan mencuci muka memakai sabun bayi bisa sembuh? Sebab banyak terdengar kabar jika sabun bayi itu bagus bagi kesehatan kulit wajah yang terserang jerawat, tetapi apakah itu semua benar apa adanya? Mari baca selengkapnya.


Sabun bayi tak dapat membantu mengatasi masalah jerawat


Untuk Anda ketahui bahwa sabun bayi tak dapat membantu dalam membersihkan wajah atau kulit pada orang dewasa dari gangguan jerawat yang memang telah terlanjur muncul sebelumnya. Jikalau terdapat beberapa pengakuan yang menyebutkan jika jerawat mereka bisa berkurang karena mereka memakai sabun bayi, tetapi hasil yang tak sama bisa terjadi pada setiap orang, jadi tak bisa Anda jadikan sebagai acuan juga. Memang sabun bayi itu mempunyai komposisi yang benar-benar lembut sebab dibuat khusus untuk perawatan kulit bayi yang masih sangat tipis dan benar-benar sensitif. Tetapi sabun bayi sendiri memang memiliki beberapa kelebihan. Adapun kelebihan dari sabun bayi antara lain:

1. Tak atau sedikit kandungan kimia yang berbahaya

2. Mempunyai pH mendekati pH normal kulit seseorang

3. Dapat membantu dalam menghaluskan kulit, sebab komposisinya yang sebagian besar dibuat menggunakan bahan alami

Jerawat memang termasuk ke dalam jenis penyakit kulit yang muncul karena pori-pori kulit yang tersumbat karena minyak berlebih, juga bisa karena sisa kotoran di kulit. Terdapat beberapa macam gangguan jerawat yang memerlukan perawatan yang berbeda, antara lain:


1. Jerawat biasa dengan bentuk nodul kecil


Berwarna merah dan berukuran kecil. Untuk perawatan yang sebaiknya Anda berikan yakni menjaga kebersihan wajah, juga mengatur pola makan sehat, dan menggunakan beberapa macam obat krim, dengan tujuan mengurangi peradangan pada gangguan jerawat yang Anda derita.

2. Jerawat konglobata atau kistik


Adalah jerawat dengan ciri berukuran besar, berwarna merah, dan terasa nyeri. Khususnya ketika Anda mengalami infeksi akut, serta jenis jerawat ini sulit untuk Anda sembuhkan. Umumnya untuk berurusan dengan jerawat konglobata atau kistik ini akan membutuhkan penanganan medis berupa pemberian injeksi intra lesi, atau antibiotik, dan juga memakai beberapa macam krim perawatan kulit. Serta berbagai metode pengobatan yang lainnya.

3. Jerawat komedo


Yang berikutnya yakni jerawat komedo. Adalah jerawat dengan ciri bintik putih atau hitam yang ada di beberapa daerah kulit tertentu. Contohnya di bagian dahi dan hidung. Untuk menyembuhkan jerawat komedo, dibutuhkan penanganan lebih intensif, contohnya memakai krim jenis tertentu dalam membantu membersihkan serta melepaskan sumbatan dari dalam pori kulit.

Dasar dari perawatan jerawat


1. Bersihkan wajah sehari 2x menggunakan sabun dengan pH normal kulit, yakni 5 – 6

2. Bersihkan wajah, caranya menggosok secara ringan pada daerah muka yang terserang jerawat. Anda dilarang menggosok kulit wajah terlalu kasar, karena dapat menyebabkan iritasi, serta menjadikan kondisi jerawat semakin buruk dari sebelumnya

3. Anda pilihlah pembersih muka dengan kandungan yang dapat mengurangi jerawat, contohnya adalah benzoil peroksida, asam salisilat, sodium sulfacetamid, di mana produk pembersih muka seperti ini sudah tersedia pada pasaran

4. Anda pakailah pembersih atau produk kulit muka yang bersifat non alkohol dan juga non comedogenik

5. Jangan konsumsi makanan yang berminyak, serta bisa menyebabkan jerawat muncul, contohnya adalah coklat, gorengan, kacang-kacangan, makanan bersantan, dan sejenisnya

Sekian informasi mengenai sabun bayi tidak untuk menyembuhkan jerawat, jangan sampai salah lagi ya.

Sabun Bayi tidak untuk Menyembuhkan Jerawat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: risna novita