Kulit sehat bebas jerawat

Cara mengatasi Jerawat ketika Puber

Cara menghilangkan gangguan jerawat kala puber. Orang-orang kebanyakan masih beranggapan apabila gangguan jerawat itu akan tumbuh saat masa-masa puber. Apabila dilihat dari kenyataan yang ada, memang itu benar terjadi. Namun di sini masih ada yang menjadi pertanyaan, pertanyaan tersebut yakni mengapa gangguan jerawat itu menyerang ketika seseorang sedang di masa-masa pubertas. Mengapa gangguan jerawat tersebut tak tumbuh sebelum atau sesudahnya. Gangguan jerawat sendiri merupakan jenis gangguan kulit yang dapat terjadi disebabkan oleh penyumbatan pada pori kulit. Dan dari penyumbatan itu, penumpukan minyak akhirnya terjadi hingga akhirnya jerawat pun muncul. Faktor penyebab penyumbatan cukup bervariasi, ketidakstabilan hormon merupakan salah satunya. Mari baca selengkapnya.


Ketidakstabilan Hormon


Kondisi ini biasanya terjadi ketika seseorang dalam masa puber, tepatnya antara rentang usia 14 sampai dengan 17 tahun. Pada usia itu umumnya pembentukan juga kemunculan jerawat terjadi karena hormon yang tidak stabil. Lalu bagaimanakah cara mengatasinya?

Cara Menghilangkan jerawat kala Puber


Berikut beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengobati dan menghilangkan jerawat saat dalam masa puber. Dengan begitu rasa percaya diri pun akan bisa ditingkatkan kembali.

Rajin mencuci wajah


Anda sebaiknya rajin mencuci wajah, apalagi sesudah Anda keluar ruangan juga terpapar polusi saat di luar. Penyumbatan pori yang menyebabkan jerawat dapat terjadi karena polusi dan debu. Apabila faktor penyebab tak Anda hindari, maka resiko pun akan meningkat. Gunakan produk pembersih wajah dan sabun untuk wajah yang tepat. Jangan sembarangan memilih, karena kondisi kulit saat puber lebih sensitif. Salah-salah, bisa menyebabkan kulit wajah menjadi iritasi, kemerahan, rusak, dan yang parahnya ditumbuhi jerawat lebih parah dari sebelumnya. Walaupun rajin mencuci wajah tetapi ada intensitas yang harus Anda perhatikan, jangan terlalu berlebihan juga mencuci wajah Anda dengan sabun, tetapi juga jangan malas mencuci wajah, karena sama-sama dapat menyebabkan jerawat. Intensitas yang aman adalah 2 hingga 3 kali mencuci wajah dalam 1 hari.

Kurangi makanan berlemak


Anda juga sebaiknya mengurangi konsumsi makanan berlemak. Apalagi pada masa-masa remaja, biasanya para remaja masih senang bergaya dan nongkrong di fast food. Jika setiap hari konsumsi makanan berlemak, maka gangguan jerawat pun bisa bertambah parah. Karena sudah bukan rahasia umum, jika makanan berlemak dan berminyak itu faktor penyebab jerawat. Apabila Anda rutin konsumsi makanan berlemak dan berminyak, secara otomatis akan terjadi penumpukan lemak pada bagian bawah pori kulit Anda. Meskipun masalah utama yakni penyumbatan pori. Tetapi produksi serta penimbunan lemak pada bagian bawah pori kulit jangan Anda sepelekan, karena semakin lemak yang tertimbun di bawah pori kulit semakin banyak – Kemungkinan terjadi jerawat pun akan semakin besar.

Kurangi Make Up


Khususnya bagi Anda para ABG remaja wanita, yang takut akan jerawat tetapi senang menggunakan make up. Maka sebaiknya mengurangi penggunaan make up tersebut apabila tak ingin terserang jerawat yang mengganggu. Zat kimia yang terdapat di make up dapat mempengaruhi kelembaban alami kulit, juga make up yang tersisa, karena tidak bersih saat Anda mencuci muka, akan menyebabkan terjadinya penyumbatan pori, di mana hal ini akan menyebabkan kondisi penumpukan lemak. Ketika lemak terkumpul di bawah kulit, jerawat pun akan datang walaupun tak Anda undang. Karena itu supaya mengurangi resiko jerawat sebaiknya mengurangi pemakaian make up. Jika memang Anda harus menggunakan make up, maka sebelum tidur saat Anda mencuci muka, pastikan semua make up sudah dibersihkan hingga tidak bersisa. Sekian artikel tentang cara menghilangkan jerawat saat seseorang puber, semoga bermanfaat.

Cara mengatasi Jerawat ketika Puber Rating: 4.5 Diposkan Oleh: risna novita