Kulit sehat bebas jerawat

Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Meradang

Segala hal yang berkaitan dengan jerawat tentu sangat menyebalkan, alasannya disebabkan oleh jerawat bisa menciptakan dampak psikologis, apalagi untuk anak usia remaja. Rasa percaya diri menurun, stress, keduanya dapat mengikuti, ini merupakan efek negatif dari jerawat tersebut. Untuk mencegah jerawat menyerang seakan sebuah hal yang mustahil dilakukan, apalagi mengingat faktor penyebab seseorang terserang jerawat itu cukup banyak, termasuk faktor eksternal dan faktor internal. Apabila jerawat menyerang, maka kulit akan nampak kotor, mulai dari jerawat ringan hingga jerawat berat. Anda pasti pusing dengan kondisi tersebut. Belum lagi jika kondisi jerawat yang sudah meradang. Sudah tentu kondisi tersebut mengganggu penampilan Anda semua. Anda perlu mengerti apa saja yang sesungguhnya menjadi faktor penyebab jerawat meradang, ulasannya dapat Anda baca di bawah ini.


Infeksi bakteri penyebab jerawat meradang


Infeksi bakteri merupakan faktor utama mengapa jerawat meradang pada kulit. Kondisi ini bisa terjadi disebabkan karena bakteri menempel pada kulit, menutup, menyumbat pori-pori kulit, karena itu saat bercampur sebum, bisa mengakibatkan jerawat meradang serta menjadi berwarna kemerahan. Juga terdapat kemungkinan jerawat bernanah dan jerawat batu muncul, menghadirkan gangguan kesehatan yang lainnya pada kulit Anda. Mungkin Anda bertanya, bagaimanakah cara untuk mencegah peradangan pada jerawat yang disebabkan oleh infeksi bakteri tersebut. Sesungguhnya caranya tak terlalu sulit, dalam usaha untuk mencegah terjadinya peradangan di jerawat karena infeksi bakteri, Anda cukup menjaga kebersihan kulit, rajinlah mencuci, membersihkan kulit berkala setiap harinya, jangan menyentuh kulit menggunakan tangan, apalagi jika belum cuci tangan, itu meningkatkan resiko infeksi bakteri cukup tinggi. Juga sebaiknya biasakan memakai masker ketika bepergian menggunakan sepeda atau kendaraan bermotor, khususnya yang tinggal di kota besar, ini juga untuk melindungi kulit Anda dari polusi udara yang kotor.

Menggunakan kosmetik ketika terserang jerawat

Memakai kosmetik dengan jenis apapun itu ketika Anda terserang jerawat akan mendapatkan dampak peradangan ke jerawat, harus ekstra hati-hati. Ketika berjerawat, mungkin Anda salah memilih kosmetik yang hendak dipakai untuk menyamarkan jerawat. Itu karena pemakaian kosmetik dapat menutup pori-pori dari kulit yang terserang jerawat tersebut, dan justru kondisi tersebut akan membuat jerawat menjadi semakin parah. Juga, ada beberapa bahan kimia di kosmetik yang bisa mengiritasi kulit serta menjadikan jerawat meradang. Untuk cara pencegahan terjadinya peradangan pada jerawat di kulit yang disebabkan oleh kosmetik maka Anda sebaiknya menghentikan terlebih dahulu pemakaian kosmetik, dengan begitu kulit bisa bernafas serta sirkulasi udara pada kulit pun bisa normal kembali seperti seharusnya. Tetapi apabila memang Anda sudah benar-benar mau memakai kosmetik, contohnya jika Anda harus datang ke acara pesta, maka gunakan kosmetik berikut ini, misalnya bedak dan foundation saja. Tetapi pilihlah foundation yang memang cocok untuk kulit berjerawat, bukan sembarangan foundation, Anda tetap harus ekstra hati-hati ketika memilihnya. Apabila memang Anda terlanjur terserang jerawat yang meradang disebabkan karena kosmetik, cobalah konsultasi ke dokter. Kami juga akan menghadirkan beberapa tips terkait pada artikel lainnya.

Terakhir konsumsi makanan harus tepat, jika tidak maka jerawat meradang hanyalah masalah waktu saja. Makanan yang Anda konsumsi akan memberikan pengaruh yang cukup signifikan. Produksi sebum pada kulit dapat bertambah, oleh karenanya sebum yang berinteraksi dengan jerawat aktif bisa mengakibatkan jerawat menjadi meradang. Sekian artikel tentang penyebab dan cara mengatasi jerawat meradang, semoga bermanfaat.

Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Meradang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: risna novita