Kulit sehat bebas jerawat

Jerawat karena Vitamin B12 terlalu Banyak

Memang vitamin B12 termasuk ke dalam vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, tidak ada vitamin yang tidak dibutuhkan untuk tubuh, terkait kesehatan. Memproteksi sistem saraf agar selalu sehat, membantu pengaturan pembentukan dari sel darah merah, itulah manfaat vitamin B12 terkait kesehatan tubuh Anda. Tetapi, jika terlalu berlebihan konsumsi vitamin B12, contohnya melalui suplemen, maka bisa menyebabkan efek samping negatif seperti jerawat yang muncul dengan subur pada kulit, termasuk kulit wajah. Berdasarkan penelitian ditemukan jika vitamin B12, jika ada vitamin tersebut maka bakteri kulit terkait jerawat akan mengeluarkan molekul inflamasi, sehingga memicu munculnya jerawat. Mari baca selengkapnya.


Studi terkait jerawat dan vitamin B12


Berdasarkan studi itu, ilmuwan kesehatan mencoba memahami mengenai perbedaan di antara bakteri kulit pada orang yang rentan terkena jerawat, dan dengan bakteri kulit pada orang yang memiliki kulit sehat dan bersih. Ditemukan jika ekspresi gen bakteri itu, dalam mengetahui alasan propionibacterium acnes atau mikroba kulit menjadi faktor penyebab sebagian orang terserang jerawat, namun pada orang lainnya justru mikroba kulit yang sama tak mengakibatkan jerawat. Ditemukan karena vitamin B12 yang sudah mengubah ekspresi dari gen bakteri kulit tersebut. Di mana dapat memicu inflamasi serta munculnya jerawat. Di tubuh seseorang, peran vitamin B12 untuk metabolisme, memelihara sistem dari saraf pusat, dan untuk proses membentuk sel darah merah. Umumnya vitamin B12 ini ada pada multivitamin, namun para peneliti memiliki pertanyaan mengapa seseorang yang berjerawat itu disarankan konsumsi suplemen vitamin B12, di mana ini bertentangan dengan hasil eksperimen sebelumnya, Anda mungkin juga bertanya-tanya.

Jalur molekul

Berdasarkan Huiying Li, selaku asisten profesor pada UCLA’s David Geften, sebuah sekolah medis, disebutkan bahwa terdapat hubungan jerawat dengan vitamin B12 tersebut. Ditemukan jalur molekul yang akan memperjelas kaitannya. Walaupun Huiying Li menyebutkan jika penelitian masih harus dilanjutkan karena masih banyak hal perlu untuk dipelajari terkait topik ini. Tetapi dari studi tersebut berhasil diperoleh fakta jika antara vitamin B12 dan jerawat itu memiliki keterkaitan. Untuk buktinya, masih belum didapatkan bukti yang pasti jika memang seseorang konsumsi vitamin B12 dengan takaran berlebih dapat memperburuk atau menumbuhkan jerawat.

Walaupun penelitian yang terbaru dilakukan berhasil menunjukkan jika vitamin B12 itu kemungkinan dapat mengakibatkan inflamasi terjadi, ada hasil studi yang lain yang justru menunjukkan hasil yang berbeda. Di mana vitamin B12 memiliki kandungan anti inflamasi. Karena itu untuk membuktikan apabila vitamin B12 memiliki efek penyebab jerawat, tetap perlu uji coba dengan acak, yang diikuti subjek dengan jumlah cukup juga, sehingga akan bisa melihat efek signifikan. Bukti yang akurat pun akan berhasil didapatkan.

Makanan dengan vitamin B12

Selain suplemen, beberapa jenis makanan pada dasarnya memiliki kandungan vitamin B12. Contoh makanan tersebut yakni kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan salmon. Kesimpulan yang didapatkan, jika memang Anda ingin menggunakan vitamin B12 dengan baik, maka konsumsilah dengan takaran normal. Itu jika mengkonsumsinya menggunakan suplemen. Akan lebih baik lagi jika untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 melalui makanan yang sudah disebutkan sebelumnya, dibandingkan menggunakan suplemen. Lagipula harganya akan lebih murah, di mana sekarang harga suplemen cukup mahal di apotik. Jika bisa yang alami mengapa harus menggunakan suplemen? Termasuk untuk kebutuhan vitamin B12 ini dan juga kebutuhan vitamin yang lainnya bagi tubuh. Sekian artikel tentang jerawat karena vitamin B12 terlalu banyak, semoga bermanfaat.

Jerawat karena Vitamin B12 terlalu Banyak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: risna novita