Kulit sehat bebas jerawat

Bahan-bahan alami yang mungkin belum Anda Ketahui yang Bisa Menghilangkan Jerawat

Sebelum bersama-sama membahas lebih jauh tentang berbagai macam metode menghilangkan komedo, mari terlebih dahulu mengetahui mengenai pengertian komedo, serta sesungguhnya apa sajakah yang merupakan pemicu komedo muncul pada kulit seseorang? Komedo merupakan tumpukan lemak di wajah yang umumnya terakumulasi pada daerah seputar mata, hidung, serta pipi. Komedo ini sama saja seperti jerawat, di mana komedo timbul karena terjadinya penyumbatan di pori-pori dari kulit wajah, diakibatkan karena sel kulit mati, minyak, dan kotoran. Namun memang komedo itu tak diselimuti kulit, itulah yang membedakan antara komedo dengan jerawat. Mari baca selengkapnya.


Komedo hitam dan komedo putih


Entah itu komedo hitam dan komedo putih, kedua jenis komedo tersebut bisa menjadi sebuah masalah yang mengganggu serta menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui bagaimana menghilangkan komedo dengan cara alami.

Berikut beberapa cara menghilangkan komedo menggunakan cara-cara alami dengan bahan yang ada atau dijual di pasaran.

Kayu manis

Untuk kayu manis ini, diolah bersama dengan madu. Di mana madu merupakan bahan antibiotik alami yang terbukti bisa membunuh bakteri di kulit dan memiliki fungsi untuk melembabkan kulit. Dan kayu manis memiliki fungsi untuk memicu produksi kolagen, dan protein, yang memiliki peranan penting untuk proses regenerasi kulit. Berikut langkah-langkah pengolahan kayu manis tersebut.

  1. Tuangkanlah madu sebanyak 3 sdm, bubuk kayu manis 1sdm dalam wadah
  2. Aduklah sampai tercampur dengan rata
  3. Selanjutnya oleskan ke wajah, kemudian diamkan untuk jangka waktu 15 menit
  4. Sesudah 15 menit, selanjutnya Anda bilas wajah Anda menggunakan air hangat, sebelum berikutnya Anda keringkan

Baking soda

Yang berikutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Untuk Anda ketahui bahwa baking soda ini tak hanya bermanfaat dalam menghilangkan jerawat saja, namun baking soda pun bisa membersihkan wajah dari gangguan komedo. Bahan ini memiliki fungsi untuk eksfolian, pengikis kulit mati, yang merupakan faktor penyumbat pori-pori pada kulit, serta merupakan salah satu dari penyebab terjadinya komedo. Berikut langkah-langkah pengolahan baking soda tersebut.

  1. Campurkanlah baking soda sebanyak 1 sdm, bersama air hangat 2 sdm
  2. Lalu oleskan ke wajah sembari Anda pijat menggunakan gerakan memutar untuk jangka waktu 2 hingga 3 menit
  3. Terakhir bilas menggunakan air hangat, setelahnya Anda keringkan

Anda jangan terlalu lama dalam mengaplikasikan baking soda ke wajah, sebab baking soda bisa membuat kulit wajah berubah menjadi kering. Kulit wajah kering menyebabkan rasa gatal-gatal dan beberapa gangguan kesehatan yang lainnya. Jadi intinya jangan sampai itu terjadi.

Minyak pohon teh

Anda pun juga dapat menggunakan minyak pohon teh. Di mana minyak pohon teh itu memiliki kandungan antiseptik yang bisa membunuh bakteri yang merupakan penyebab komedo, selain itu minyak pohon teh juga memiliki manfaat dalam mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit. Langkah-langkah untuk mengolah minyak pohon teh dapat Anda baca di bawah ini.

  1. Teteskanlah beberapa tetes minyak pohon teh di air setengah gelas
  2. Selanjutnya basahi kapas menggunakan larutan dari minyak daun teh itu
  3. Lalu oleskan kapas di area yang terserang komedo, tunggu untuk jangka waktu 15 menit
  4. Terakhir bilas menggunakan air hangat hingga bersih

Sebelum Anda memutuskan untuk mengoleskan minyak pohon teh ke kulit jangan lupa melakukan uji alergi dahulu. Jika alergi maka gunakan alternatif bahan alami yang lain untuk mengobati jerawat mengganggu. Sekian artikel tentang bahan-bahan alami yang mungkin belum Anda ketahui yang bisa menghilangkan jerawat, semoga bermanfaat.

Bahan-bahan alami yang mungkin belum Anda Ketahui yang Bisa Menghilangkan Jerawat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: risna novita