Kulit sehat bebas jerawat

Telur apakah bisa menyebabkan Jerawat Bertambah Parah?

Kulit pada bagian wajah memang rentan pada serangan jerawat, khususnya remaja yang tengah masa pubertas. Gangguan jerawat dapat terjadi pada siapapun, khususnya jika timbul dalam kondisi bengkak dan jumlah yang banyak. Tak hanya efek ke fisik saja, namun jerawat juga dapat menyebabkan dampak negatif ke psikologis penderita. Yakni penderita menjadi kurang percaya diri. Semua mengenai jerawat dapat membuat Anda pusing, karena itu banyak orang yang mencari tahu apakah penyebab jerawat itu sesungguhnya. Mari baca selengkapnya.


Jerawat bisa diakibatkan oleh berbagai hal, faktor penyebab jerawat ada yang faktor eksternal dan ada juga yang faktor internal, semuanya perlu dipelajari dan diketahui, sehingga Anda dapat terhindar dari jerawat. Memang lebih mudah untuk menghindari dibandingkan mengobati, karena jerawat cukup sulit untuk disembuhkan, bahkan ada resiko membekas. Makanan yang Anda konsumsi sehari-hari akan mempengaruhi itu. Anda sebagai orang Indonesia sudah pasti sering mengkonsumsi yang namanya telur, di mana telur termasuk jenis dairy products, seringkali digunakan juga untuk bahan masakan yang lain, misalnya saja untuk pembuatan kue. Namun mungkin Anda belum mengetahui jika telur ternyata bisa menjadi salah satu faktor penyebab jerawat juga.

Alasan mengapa telur dapat mengakibatkan jerawat


Mungkin Anda bertanya-tanya alasannya, telur dapat menyebabkan jerawat timbul karena merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan protein serta lemak dalam kadar yang cukup tinggi. Di mana makanan dengan kandungan lemak dan protein tinggi itu mempunyai potensi lebih tinggi untuk menyebabkan kulit terserang jerawat, termasuk kulit wajah.

Bahaya konsumsi telur untuk jerawat


Telur sendiri memiliki ragam jenis yang berbeda, darimana telur tersebut diproduksi, contohnya telur bebek, burung puyuh, ayam, maupun yang lain. Kandungan gizi telur memang termasuk tinggi dan menyehatkan, sering dikonsumsi tiap hari, terkadang hanya digoreng. Telur memang mempunyai kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Per 1 butir telur utuh itu terdapat kandungan 90% lebih kalsium, bagian kuning telur terdapat zat besi, protein sejumlah 6 gram, serta sembilan asam amino esensial juga. Zat besi, unsur mineral yang lainnya selain itu yakni zinc, zinc memiliki manfaat bagi sistem antibodi tubuh seseorang. Selain itu juga terdapat kandungan mineral fosfor, yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang. Telur utuh satu butir itu bisa memberikan nutrisi kalori antara 70 sampai dengan 85 kalori.

Menyebabkan alergi


Namun terkadang dengan konsumsi telur, seseorang dapat mengalami alergi. Bahkan ini cukup sering terjadi juga. Jerawat muncul tiba-tiba karena konsumsi telur beberapa hari sebelumnya. Apabila kondisi ini menimpa Anda maka Anda sebaiknya berhati-hati karena kemungkinan tubuh Anda memiliki alergi terhadap telur tersebut. Tubuh manusia mempunyai sistem imun yang dapat mengenali antigen asing, jika protein telur tersebut dikenal oleh sistem imun sebagai antigen, maka reaksi imun pun akan tercipta. Efek yang ditimbulkan yakni gatal-gatal, timbul merah-merah, dan terkadang ada efek samping muncul jerawat.

Penyembuhan jerawat terhambat


Jika Anda mengkonsumsi telur, penyembuhan jerawat beserta bekas jerawat juga akan ikut terhambat. Di mana proses alami penyembuhan jerawat akan terganggu. Itu karena kondisi wajah berminyak cukup banyak sehingga akhirnya jerawat pun menjadi sulit hilang. Anda pun harus berusaha untuk menghilangkan bekas jerawat. Sekian artikel tentang telur apakah bisa menyebabkan jerawat bertambah parah? Semoga bermanfaat.

Telur apakah bisa menyebabkan Jerawat Bertambah Parah? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: risna novita