Kulit sehat bebas jerawat

Mencegah Jerawat di punggung dengan Mudah

Ternyata jerawat tidak hanya dapat muncul pada daerah kulit wajah saja melainkan juga kulit punggung. Kehadiran gangguan jerawat pada lokasi ini sudah tentu membuat Anda merasa risih dan tak nyaman, apalagi jika jerawat sudah dalam kondisi meradang. Walaupun memang jerawat di punggung tidak terlalu terlihat karena tertutup pakaian, namun saat Anda berenang jerawat tetap akan terlihat. Dan lagi, biasanya jerawat di punggung muncul dalam jumlah yang tidak sedikit, itulah yang merepotkan dan ingin segera Anda hilangkan. Sama seperti wajah, pada daerah punggung pun mempunyai banyak kelenjar yang disebut dengan kelenjar sebaceous, kelenjar ini memproduksi sebum, minyak. Tumpukan dari sebum bercampur sel kulit mati beserta bakteri dapat menyumbat pori-pori serta menjadi faktor penyebab jerawat yang muncul di punggung.


Tips mencegah munculnya jerawat di daerah punggung


Supaya jerawat tak muncul, faktor utama yang harus mendapatkan perhatian Anda yakni menjaga kebersihan tubuh, bukan hanya sebagian namun keseluruhan. Adapun beberapa cara mencegah serta mengurangi potensi jerawat di punggung muncul dapat Anda temukan di bawah ini, mari baca selengkapnya.

Mandi segera

Anda sebaiknya segera mandi sesudah melakukan aktivitas dengan banyak keringat. Apabila memang tak memungkinkan, maka pakailah produk dengan kandungan asam salisilat yang berguna dalam membantu menyegarkan kulit beserta membuang minyak yang berlebih.

Mandi teratur

Selain Anda harus segera mandi setelah melakukan aktivitas yang mengakibatkan keluar keringat. Anda juga harus mandi dengan teratur. Ini merupakan cara paling ampuh dalam mencegah jerawat timbul di punggung, 2 kali per hari, merupakan angka yang terbaik.

Hindari obat dengan kandungan androgen

Anda juga harus memperhatikan konsumsi obat-obatan tertentu. Sebaiknya hindari mengkonsumsi obat yang dapat memicu jerawat di punggung timbul. Adapun obat tersebut antara lain obat dengan kandungan androgen serta lithium yang dapat mengakibatkan jerawat.

Mengganti seprai rutin

Anda juga wajib mengganti seprai dengan rutin, agar mencegah punggung serta bagian tubuh yang lain terserang jerawat. Semakin lama seprai dipakai, sebum akan semakin banyak, begitu pula dengan keringat, sel-sel kulit mati, serta kuman yang bersarang di seprai tersebut. Itu semua kasat mata, jadi walaupun kelihatan bersih sesungguhnya kotor. Bahan katun merupakan bahan yang bagus untuk seprai, sebab menjadikan kulit Anda lembab ketika tidur.

Non-comedogenic

Apabila Anda memakai pelembab non-comedogenic itu dapat mengakibatkan munculnya jerawat, jadi walaupun Anda berkulit kering maka sebaiknya memikirkan dua kali sebelum menggunakan pelembab yang seperti itu.

Mencuci punggung hingga bersih

Anda juga sebaiknya mencuci punggung memakai pembersih yang khusus bagi kulit yang rentan pada jerawat. Selanjutnya sesudah kulit kering dan bersih, Anda dapat mengoleskan krim dengan kandungan benzoil peroksida di daerah punggung yang terserang jerawat.

Baju kain berserat alami

Jika Anda memilih baju, pilihlah baju yang menggunakan kain berserat alami, bisa juga kain yang dapat menjaga kulit, yang tak lembab.

Tas punggung

Sebaiknya Anda menghindari menggunakan tas punggung, khususnya jika diisi beban yang berat. Luka pada kulit di daerah punggung dapat menjadikan punggung rentan pada infeksi bakteri dan kemudian muncul jerawat karenanya. Sebaiknya gunakan saja jenis tas lainnya seperti tas selempang, atau menggunakan tas punggung namun jangan membawa beban yang terlalu berlebihan. Sekian artikel tentang mencegah jerawat di punggung dengan mudah, semoga bermanfaat.

Mencegah Jerawat di punggung dengan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: risna novita