Kulit sehat bebas jerawat

Cara menyembuhkan Jerawat Meradang menggunakan Obat Apotik

Tak hanya memakai bahan-bahan herbal saja, tetapi obat-obatan medis yang dibeli di apotik pun dapat Anda manfaatkan dalam menyembuhkan jerawat meradang. Mungkin Anda penasaran apa saja sesungguhnya obat untuk jerawat meradang, namun yang terbukti paling efektif. Berikut beberapa di antaranya, mari baca selengkapnya.


Retinoid


Obat medis ini merupakan turunan vitamin yang umumnya berbentuk lotion, krim, dan gel. Retinoid dapat menyingkirkan sel kulit mati pada kulit, dengan begitu jerawat meradang pun akan dengan cepat dan mudah dihilangkan, selain itu bisa juga dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat yang terdapat pada badan. Efek samping penggunaan retinoid adalah kulit kemerahan, kulit jadi lebih sensitif pada sinar UVA, sinar UVB.

Antibiotik

Obat antibiotik sudah tentu bukan hal yang baru lagi. Antibiotik ini adalah obat yang cocok dipakai apabila memang faktor penyebab jerawat meradang diakibatkan karena infeksi bakteri. Obat antibiotik, entah itu yang jenis topikal ataupun tablet, bisa berfungsi ampuh untuk membunuh bakteri yang menjadi penyebab jerawat, karena itu jerawat meradang pun bisa disembuhkan dengan cepat. Tetapi Anda juga wajib mengamati bahaya dari antibiotik jerawat, atau dengan kata lain efek sampingnya, seperti tanda iritasi di kulit, gatal-gatal, kulit kemerahan, yang cukup parah adalah kulit menjadi mengelupas.

Isotretinoin

Selain antibiotik, juga ada pengobatan isotretinoin. Apabila metode pemakaian obat antibiotik serta retinoid tetap tak berhasil membuahkan hasil yang baik, Anda dapat mencoba memakai isotretinoin. Obat medis ini memang khusus dalam mengobati gangguan jerawat parah serta meradang. Dapat menghambat pertumbuhan dari jerawat, juga membunuh bakteri dengan seketika, karena itu jerawat meradang pun akan lebih cepat sembuh serta bisa digunakan untuk mengatasi gangguan jerawat batu yang notabene sulit disembuhkan. Tetapi efek sampingnya cukup kuat, yakni tanda iritasi kulit, perubahan sensitivitas kulit terhadap sinar UVA, juga sinar UVB, bibir dan mulut jadi terasa kering, dan kerontokan rambut. Karenanya, sebaiknya sebelum Anda memakai obat isotretinoin jangan lupakan rekomendasi dokter terlebih dahulu. Jangan sembarangan menggunakan jenis pengobatan jerawat medis ini.

Asam azelat

Yang terakhir adalah asam azelat, adalah obat jerawat batu, bisa Anda beli di apotik. Asam azelat tak terlalu mengiritasi kulit, karena itu cocok sebagai alternatif obat medis untuk menghilangkan jerawat bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Obat ini akan berfungsi membuka pori-pori kulit, menyingkirkan sel kulit yang mati, dengan begitu jerawat meradang pun bisa diobati dengan lebih cepat. Juga, asam azelat memiliki fungsi membunuh bakteri yang mengakibatkan jerawat, karena itu benar-benar cocok dalam menyembuhkan jerawat yang sudah meradang. Tetapi walaupun begitu efek sampingnya tetap ada, yakni kulit menjadi kemerahan, gatal-gatal, tetapi efek sampingnya lebih ringan dibandingkan jenis obat yang lain, seperti disebutkan sebelumnya jika asam azelat ini tak terlalu mengiritasi kulit.

Mencegah jerawat meradang

Sebagai tambahan, berikut informasi mengenai bagaimana mencegah jerawat meradang. Anda dapat menggunakan daun sirih. Daun sirih sudah dikenal sejak lama akan keampuhannya mencegah jerawat meradang. Senyawa betlephenol yang ada di daun sirih yang menjadikan daun sirih memiliki fungsi positif tersebut. Sediakan daun sirih 10 helai, tumbuk halus dan campuran air sedikit, oleskan pada kulit yang mengalami jerawat meradang, tunggu mengering, terakhir cuci menggunakan air bersih. Mudah sekali untuk diterapkan. Sekian artikel tentang cara menyembuhkan jerawat meradang menggunakan obat apotik, semoga bermanfaat.

Cara menyembuhkan Jerawat Meradang menggunakan Obat Apotik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: risna novita