Kulit sehat bebas jerawat

Cara Memencet Jerawat yang Benar

Memencet jerawat bukanlah sebuah kebiasaan yang baik, tetapi jika Anda masih ingin bertahap menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. Anda boleh memencetnya, tetapi dengan cara yang benar, maksudnya bagaimana tetap memencet jerawat yang diderita namun tak menyebabkan bekas jerawat dan jauh dari kondisi meradang. Anda memang harus ekstra hati-hati sebab jika Anda tak mengerti bagaimana cara yang tepat memencet jerawat, justru selain meradang, juga bisa terjadi infeksi dan muncul bekas luka. Bekas luka ini akan menjadikan kulit wajah idaman Anda, yang cantik dan mulus, semakin sulit untuk dicapai. Mari baca selengkapnya.


Cara baik memencet jerawat


Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana caranya? Sudah pasti pertanyaan yang satu ini terngiang-ngiang di kepala Anda bukan. Jangan terburu-buru, mari membaca pelan-pelan dan temukan jawabannya. Tips yang perlu Anda lakukan termasuk sederhana dan bahkan para ahli pun menganjurkan. Ini dia!

Kuku dan telapak tangan harus bersih

Yang paling penting dilakukan dan merupakan langkah awal yakni Anda wajib membersihkan kuku dan juga telapak tangan. Anda dapat menggunakan sabun antiseptik untuk mencucinya. Melakukan ini tentu saja memiliki tujuan, tujuannya adalah untuk menghilangkan bakteri di tangan, supaya tak berpindah ke kulit wajah, yang akan memperparah kondisi jerawat Anda hingga meradang, juga memicu terjadinya infeksi. Jika Anda memencet jerawat namun dengan kuku dan tangan yang sudah dibersihkan menggunakan sabun antiseptik, maka paling tidak resiko tersebut akan berkurang. Biasanya orang-orang malas melakukan ini saat mereka memencet jerawat, karena itulah kondisi jerawat mereka semakin parah bahkan meninggalkan bopeng bekas jerawat.

Mencuci wajah

Setelahnya barulah cuci muka Anda memakai sabun pencuci muka supaya kulit muka atau wajah Anda bebas bakteri dan kuman dan juga kotoran. Jika Anda malas mencuci wajah, bisa mengakibatkan kuman, bakteri pindah ke kulit wajah Anda, dan pada akhirnya akan memicu jerawat baru.

Jerawat matang

Saat hendak memencet jerawat, jangan langsung melakukannya. Namun pastikan terlebih dahulu apabila jerawat yang hendak Anda pencet tersebut telah matang, yang terlihat butiran putihnya. Anda sebaiknya menghindari memencet jerawat belum matang sebab hal tersebut bisa menjadi faktor penyebab jerawat membesar dan semakin meradang.

Menggunakan sarung tangan

Ada trik untuk meminimalisir infeksi, sebelum Anda memencet jerawat, gunakan sarung tangan terlebih dahulu. Tentunya sarung tangan yang bersih dan baru. Jika tanpa menggunakan sarung tangan, boleh saja, tetapi jari wajib sudah bersih dicuci menggunakan sabun antiseptik. Semua ini dilakukan dengan tujuan menghindari berbagai hal negatif yang bisa saja terjadi ke kulit wajah, sarung tangan merupakan langkah preventif yang bagus untuk dilakukan.

Mata jerawat

Saat Anda mau memencet jerawat, sebaiknya usahakan memencet pada bagian tepi dari jerawat dengan tujuan mengeluarkan isinya. Sesudahnya, pencet kemudian urut-urut supaya keseluruhan isi jerawat bisa keluar namun jangan berlebihan ketika Anda melakukannya supaya nanti tak meninggalkan lubang, bekas jerawat atau bopeng di kulit.

Gunakan toner

Tips yang terakhir adalah sesudah memencet jerawat juga mengeluarkan isi jerawat tersebut, Anda jangan lupa usapkan toner pada atas jerawat sebelumnya, yang sudah pecah. Tujuannya supaya jerawat mengempes cepat.

Itulah kumpulan tips sederhana, yang siapapun akan bisa melakukannya. Dengan memencet jerawat secara benar, maka resiko negatif akan menghilang. Sekian artikel tentang cara memencet jerawat yang benar, semoga bermanfaat.

Cara Memencet Jerawat yang Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: risna novita